Jadilah Coiners di Komunitas atau Lingkunganmu!

Sudah cukup banyak kawan-kawan yang bertanya mengenai Coin A Chance!, misalnya: kapan dan di mana akan dikumpulkannya koin-koin itu, ke mana akan disalurkan, bagaimana dengan teman-teman di luar Jakarta…?

Semua pertanyaan ini tentunya membuat saya dan Nia senang. Karena ini tandanya, kawan-kawan semua begitu semangat menanggapi ajakan untuk mengumpulkan koin-koin dan mendonasikannya bagi anak-anak yang kurang mampu agar mereka dapat bersekolah kembali.

Yang perlu kawan-kawan ketahui, gerakan Coin A Chance! ini bebas untuk diadopsi oleh siapa saja. Maksudnya, koin yang terkumpul tidak harus disalurkan melalui Hanny atau Nia–meskipun secara rutin kami akan mencoba menghimpun koin dari kawan-kawan yang  berdomisili di sekitar Jakarta, Bogor, dan Bandung.

Gerakan Coin A Chance! ini independen, lho, juga terbuka untuk semua umur. Oleh karena itu, kami malah menyarankan agar kamu bisa menjadi Coiners alias pengumpul koin untuk komunitas atau lingkunganmu sendiri.

Lalu, bagaimana caranya?

Ada dua cara untuk berpartisipasi dalam gerakan Coin A Chance! ini.

Yang pertama, sebagai coin droppers, yakni mereka yang ikut menjatuhkan koin-koin ke dalam stoples untuk dikumpulkan. Koin-koin yang terkumpul ini akan diserahkan kepada Coiners untuk digabungkan dan disalurkan.

Yang kedua, sebagai Coiners.

Sebagai Coiners, kamu bertanggung jawab menggerakkan orang-orang di sekitarmu untuk mulai mengumpulkan koin. Misalnya, di kantor, kamu mengorganisasi pengumpulan koin-koin ini, dengan meletakkan stoples khusus di salah satu sudut,  lalu menyebarkan pemberitahuan mengenai Coin A Chance! via email kepada teman-teman sekantor agar mereka bisa mulai memasukkan koin-koin ke dalam stoples tersebut.

Hal yang sama juga bisa dilakukan di sekolah (jika kamu adalah seorang siswa), di kampus (jika kamu mahasiswa), di tempat les, atau dilakukan bersama komunitas blog, keluarga besar, kelompok arisan, kelompok pengajian, kelompok persekutuan doa, kelompok futsal, dengan teman-teman satu tim basket, saat kopdar blogger atau plurker atau twitter… ah, kamu bisa melakukannya dengan siapa saja!

Sebagai Coiners, kamu akan bertanggung jawab secara pribadi kepada kawan-kawanmu (yang koin-koinnya kamu kumpulkan) mengenai penyaluran uang yang berhasil didapatkan. Kamu bersama kawan-kawan akan menghitung jumlah koin yang didapatkan pada kurun waktu tertentu, kemudian kamu (bisa bersama kawan-kawan)  juga berperan untuk mencari anak kurang mampu yang hendak kamu bantu bersekolah kembali.

Sebagai Coiners, kami juga ingin kamu bertugas menulis cerita tentang gerakan Coin A Chance! kamu. Sertakan informasi mengenai siapa kamu, siapa kawan-kawanmu yang berpartisipasi dalam gerakan ini bersama kamu, di mana kamu mengumpulkan koin dan bagaimana suka-dukanya, berapa lama waktu pengumpulannya, berapa jumlah uang yang didapatkan, kepada siapa akan disalurkan, siapa anak yang kurang mampu ini dan seperti apa profilnya, kemudian sertakan pula informasi dalam bentuk apa bantuan diberikan (membayar uang sekolah, membayar ujian, membeli buku pelajaran, membeli seragam atau sepatu sekolah).

Kirimkan cerita di atas (dengan foto-foto) ke coinachance[at]gmail[dot]com, dan semua ceritanya akan kami publikasikan di sini!🙂 Tentu, jika kamu memiliki blog pribadi, kamu juga dapat mengunggah ceritanya di sana–tetapi informasikan juga kepada kami, ya!😉

Ayo, ayo, kamu bisa memulai gerakan Coin A Chance!-mu!

Jadilah Coiners!🙂

66 Comments

Filed under Updates

66 responses to “Jadilah Coiners di Komunitas atau Lingkunganmu!

  1. saya mendukung penuh dan akan berusaha mengajak yang lain🙂 *masih menyusun posting buat di blog*

  2. thank you, @pinkparis!🙂 aku percaya dirimu akan jadi salah satu Coiners handal😉

  3. Henri H.

    hmmm…great movement…

    dulu pernah kumpulin coin di toples..
    eh abis diambil org seisi rmh..dr buat bli vetsin ampe bli bakso yg lewat dpn rmh…alhasil ga ngumpulin lg deh…
    skrg dah mulai jarang dpt coin lagi..klo blanja biasanya dpt kembalian mata uang baru yaitu permen..

    keep moving..

  4. mbak.. grab banner.. fotonya kurang ok deh mbak🙂
    dari jauh ga keliatan itu apa..
    hehe.. maap yaaa.. klo sempet aja diganti yang lebih ok..

    **sibuk ngeprint stiker buat ditoples,
    toplesnya juga boleh nyolong punya mama..**

    semoga ikhlas ya ma,,
    ‘kan ini hari ibu🙂

  5. ettachan

    waduh.. aku masih bingung

  6. wah kebetulan saya ada banyak nich..

  7. nah, akhirnya kelar juga bikin postingnya : http://pinkparis.co.cc/article/help-others-though-a-coin/

    artikel yang sama juga sedang di submit di bloggerngalam.com (komunitas Blogger kota Malang)

    semoga makin banyak yang ikutan🙂

  8. kw

    kalau bukan kopin gimana caranya ya ?🙂
    kalau luar kota, konon berat di ongkir.

  9. Selamat pagi
    Saya sependapat dan sangat mendukung. Di lingkungan saya tinggal gerakan ini sudah saya coba wariskan ke anak-anak saya yang sekarang pada SMP. dimana awal tahun kembalian “recehaan” dari uang jajan mereka di masukkan ke kotak…dan akhir tahun kita sumbangkan ke teman-temannya yang sedang kesusahan.

    Maju terus..Dan Sukses selalu

  10. hey nice one
    di luar ada changeroundup.com, yang bisa diintegrasi ke online store, sayang di indo dikit online storenya

  11. endrian

    hallo Hanny & Nia…
    Saya Ita dari Koran Sindo. Saya beruntung banget nemu blog ini dan mendukung gerakan coinachance (mudah-mudahan saya bisa mempraktekkan gerakan ini ya..) Sekalian minta izin nih, untuk mempublikasikan blog ini di rubrik “blog of the week” untuk Koran Sindo. Thanks and good luck…

  12. mau..mau!Sudah lama saya pengin memanfaatkan koin2 yang berceceran, btw aku belum bisa pasang bannernya. ada yang bisa bantu?
    Salam kenal Hanny dan Nia, idemu sungguh cemerlang dan mulia!

  13. Hallo Mba Nia dan Mba Hanny
    dan teman-teman coiners

    Salam kenal
    Aku Iqbal

    Aku mau nanya nih kalo mau ngumpulin coinnya gimana ya kalo mw lewat Mba-Mba yang baik ini ( duh muji lagi🙂 )

    Aku ada komunitas musik di dekat rumah..
    Aku bakalan ngajak mereka buat ikutan (daripada mereka cuma nongkrong2 doank🙂 )
    tapi bingung kumpulinnya kemana? Maklum tadi baru liat koran,ada yg nulis tentang coin a chance… trus gak pake lama langsung online, nah sekarang nanya deh..

    Tetap Semangat!!!

    Makasih sebelumnya🙂
    Iqbal

  14. Going to be a “coiners”!
    🙂

    Thank you for inspiring me… and my community

  15. Pingback: personal social responsibility « Aditya Sani

  16. yunanto

    Salam kenal. Coin a Chance, momentum besar nan keren.
    *masukin coin ke toples*

  17. Wah,menarik..perlu dicoba ni di piyohdesign.thanks ya for inspiring idea..tetep semangat!

  18. Halooo salam kenal semuanya.

    Tentang uang receh, kalau saya dari dulu sudah ngumpulin uang receh, terus kalau jumatan dimasukkin ke kotak amal mesjid.

    sekarang sudah ada gerakannya toh.

    Sekali lagi salam semuanya.
    deden m. ihsan

  19. Firewall

    Ok, selama ini ngumpulin coin sampe sekaleng coklat.. jumlahnya sih ga sebanyak coinnya (ga akan kebeli laptop untuk 1 orang siswa deh) tapi lumayan kalo digabung..
    kirim kemana ya?

  20. blogger kian inovatif…. salut salut

  21. wah.. pelayanan mulia. Ikutaan ahh..

  22. dawala

    Aku pernah ngumpulin koin 500 perak, sampe dapet 200 ribu, eh tak tuker sama temen kantor buat ongkos ojek anaknya ke sekolah…aku coba lagi deh buat ngumpulin ya Han. Salam kenal juga…enak ada yang bisa membantu menyalurkannya sisa belanja di tukang sayur he…he….

  23. aryf

    Melakukan hal-hal yg sederhana, munkin aja menghasilkan sesuatu yg bermakna.
    Tergantung pd niat kita, segala sesuatunya tdk ada yang tidak munkin utk dicoba. Hasilnya munkin aja berguna.

    Selamat utk selalu berani berbagi apa saja, dimana pun kita berada🙂

  24. putrinegriangan

    ikutaaannn!!

    selama ini ngumpulin koin buat disawer aja pas pulang kampung. tp lama2 baru sadar bahwa hal itu membahayakan.. masa demi seratus perak mereka harus berebutan? ternyata ada gerakan yg lebih baik!!

    ak pasang bannernya ahh..

    tar klo ad pengumpulan, kabar2i ya.. semangat ngumpulin koin!!

  25. emenn

    kereennn!!! akan sayah usahakan di kampus sayah euy..

  26. di bali udah ada coiners belom? kalo ada, gue daftar jadi coin droppers ajah… menggalang massa untuk ngikut gerakan seperti ini, gue mau banget, tapi untuk mengelola koin-koin yang terkumpul, terus terang… gak mampu.

  27. Mantap mbak,…. Saya akan mulai dari bagian coin dropper,…. kemudian lanjut menjadi coiners…. Tapi sebelumnya mau pasang bannernya dulu,… biar yg lain juga tertarik🙂

  28. dewi

    iyah han, klo jadi coiners agak2 kewalahan, lha wong waktu abis buat jalan2 *alasan ga masuk akal*. tapi mau dong jadi coin dropper..di bali sudah ada kandidat?😉

  29. Sesuatu yang amat baru di akhir 2008 .. semoga di 2009 bisa menjadi sesuatu yang besar.Luv To Be A Coiners .. mendukung penuh Hanny&Nia. G.B.U

  30. ud tak pampang bannernya.. sumbangsih yg berarti dari rekan2 CAC😀

  31. To Hanny & Nia :

    sdh 2 hari aku sebari informasi mengenai Coin A Chance ke tmn2ku,rekan kerja dan jg sodara2ku.Nahh aku mendapat pertanyaan yg blm bisa aku jawab dari sodaraku .. dia tanya klo koin sdh terkumpul diserahkan kepada siapa koin tsb,krn tdk mungkin klo langsung menyerahkan kpd ank yg krg mampu jd lbh baik C.A.C dibuat organisasi nya jd biar semua bisa terorganisir.Lebih baik di tiap2 daerah ditentukan siapa kordinatornya lalu dikirim ke kalian baru dah koin2 tsb disumbangkan ..

    *note:ditunggu balasannya ,agar aku bisa menjawab pertanyaan2 tsb.*

  32. Didukung… insyallah anak2 dirumah udah mulai ngumpulin deh.. nanti pas cuti mudik ditengok apakah udah bisa dipanen blom ya..😀

  33. tips yang menarik, saia akan coba mulai dari yang terkecil dahulu di keluarga saia

  34. Ide yg briliant, dan akan saya coba di komunitas tugupahlawan.com

  35. wah ini idenya menarik nih~ aku juga mau coba ngumpulin deh!

  36. Bagi seorang mahasiswa rantau, koin yang terkumpul menjadi sangat bermakna. ketika kiriman datang terlambat, ketika teman tak ada duit. Bisa dibeliin beras dan kecap, nanak nasi, terus makan bareng deh… hehehe

    salam kenal.

  37. aku udah sering ngumpulin koin di dalam kemasan air mineral 1 liter…tapi selama ini dipake sendiri.. hehe
    sekarang ngumpulin lagi di kotak plastik, belum penuh..kalau udah penuh mau dikemanain mbak??

  38. Masih bisa gabung to?
    Moga bisa berpartisipasi….

  39. gerakan yang hebat!
    ini inspirasi bagi semua!

  40. wah ini menarik..
    idenya keren! salut!

  41. Fa

    idenya bagus sekali! i’m in!

  42. briliant sekali ide nya🙂. Coba saya ajak temen2 kantor yg lain. Kalau sdh ada jadwal pengumpulan nya di infokan ya.

  43. saya banyak di rumah…. biasanya buat jaga2 kalo ada orang ngamen. Maklum kontrakan deket per4an sih.

  44. kayak tukang parkir dong!!!
    Tapi boleh juga untuk di coba

  45. ada banyak mbak di rumah, salalu bingung mau diapain. saya ikutan ya🙂

  46. Pingback: TuguPahlawan.Com » Blog Archive » Coin a Chance

  47. ecchan

    great idea! i’ll post it at my blog..

    dan ecchan akan coba sosialisasikan ama temen2 kantor😉

  48. great. ide ini luar biasa justru karena kesederhanaannya. bikin saya jeles. kotak donasi saya untuk orang-orang sakit kanker sudah dua tahun tetap kosong melompong, hiks….

  49. Hmmmm…
    Niatan yang baik, patut di dukung.
    Saran, koin yang terkumpul jangan langsung disalurkan.
    Soalnya, kalo yang terkumpul koin2 lama (go pek an yang kuning atau koin 1000 an) masih bisa dijual ke pengumpul/pelebur logam.
    Dapat nilai tambah.
    Koin go pek kuning dihargai Rp 35ribu/kg
    Koin 1000 di hargain 1400/keping.
    Lhaa emang harga logamnya lebih tinggi dibanding angka yang dicetak di atasnya kok.
    Btw, itu harga 3 bulan lalu…. gak tahu yang sekarang.

  50. Mbak, idenya brillian banget dan insya alloh bermanfaat untuk mereka yang membutuhkan.

    Ayo jadi coiners!

  51. Zoeh Rieya

    Seneng deh dengan ide segar ini.
    Semua dilakukan dari yang terkecil dan terkesan sepele.
    p(^_^)q

  52. rae

    hmmmm…. saya juga ingin jadi coiner nih…..
    so, sekarang nih lagi ngumpilin uang koin……

  53. nanik sujono

    salam, mau ikutan jadi coiners,nich.dah lama suka ngumpulin uang koin sisa ongkos. baru sekarang tahu bisa disalurkan. kirimnya kemana ya mbak. apa ada event tertentu untuk kumpul?

  54. Thank you for inspiring me… and my community

  55. rio

    great idea! i’ll post it at my blog….
    buat inspirasi di kampuz..

  56. Pada tanggal 15 April 2011, sy melihat mba Nia dan mba Hanny di metro TV membahas ttg coin a chance, wah ide yg sangat cemerlang, sy mendukung gerakan tsb, dan sy tertarik mudah2n sy bisa mempraktekannya di daerah sy . Thanks and good luck…

  57. aku pengen gabung sama coin a chanse mba, gimana caranya ?

  58. mila

    may I joint and how?

  59. mila

    may i joint

  60. Sutono

    di Surabaya, blm ada yang menginisiasi Coin A Chance…. Bagaimana memulainya?

  61. Santika

    di Jember juga blm ada LSM atau volunteer yang terkait Pengumpulan Coin utk membantu pendidikan anak usia SD, SMP, SMA. Belum ada yang menginisiasi atau memang tidak ada yang tahu ya? Bagaimana kami berkontribusi dalam Coin A Chance seperti anda?

  62. Sahriani Ali

    Semangat to coiners… I’m a coiners… I Love it work…🙂

  63. Wow! Thank you so much!!! Salam krincing!!! ^O^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s